Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi terindah di dunia dengan arsitektur bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10, Mahakarya kebudayaan Hindu dengan bangunan menjulang setinggi 47 meter membuat keindahan arsitekturnya tak tertandingi. Candi Prambanan terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area candi terdapat sebuah taman indah yang dibangun khusus untuk mendukung Candi Prambanan yang merupakan

Prambanan Candi Hindu Terindah di Dunia.

Candi Prambanan terdapat 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi utama itu menghadap ke timur, dan setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke arah barat, yaitu candi Nandini untuk candi Siwa, candi Angsa untuk candi Brahma, dan candi Garuda untuk candi Wisnu. Selain beberapa candi utama yang terdapat di candi Prambanan tersebut, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Dan sementara halaman kedua memiliki 224 candi.

Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, di candi ini anda akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Candi Siwa yang terletak di tengah candi Wisnu dan candi Brahma dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan di dalam candi ini. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda Bandung Bondowoso.

Candi pendamping dari candi utama yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi Garuda menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti ‘terbit’ atau ‘bersinar’, biasa diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mengambil Tirta Amerta (air suci para dewa).

Candi Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat kisah Ramayana. Relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Relief lain yang menarik adalah pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Di candi Prambanan, relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini membuat para ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

Selain memiliki relief yang menceritakan kisah Ramayana, di candi Prambanan juga terdapat sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang meminta Bandung Bondowoso untuk membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Jika ingin berwisata ke prambanan anda bisa menggunakan jasa sewa  mobil jogja, Harga tiket masuk Candi Prambanan adalah Rp 40.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 117.000 untuk wisatawan Mancanegara. memang terlihat cukup mahal, namun semua itu akan terbayarkan saat anda menikmati keindahan dari Candi Prambanan, candi Hindu Terindah di Dunia.